Patung Garbha Berdiri Megah di Grobogan, Terbuat dari Ratusan Knalpot Brong Hasil Karya Sat Lantas

- 30 Maret 2024, 17:40 WIB
Detik-detik peresmian Patung Garuda Bhayangkara, Sabtu 30 Maret 2024.
Detik-detik peresmian Patung Garuda Bhayangkara, Sabtu 30 Maret 2024. /Media Purwodadi/Hana Ratri/

Media Purwodadi - Sebuah patung berdiri megah di perempatan Jalan Untung Suropati, Purwodadi.

Patung tersebut berbahan knalpot brong yang merupakan barang bukti yang diperoleh Sat Lantas Polres Grobogan selama pelaksanaan Operasi Zero Knalpot Brong, beberapa waktu lalu.

Patung yang dibuat dengan ikon Garbha atau Garuda Bhayangkara yang merupakan simbol Polri ini diletakkan di samping traffic light yang berada di Jalan Untung Suropati.

Baca Juga: Polda Jateng Perkirakan 193 Juta Warga Akan Masuk ke Jawa Tengah Saat Arus Mudik Lebaran 2024.

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono mengatakan, patung dengan tinggi 3,5 meter dan membutuhkan 550 knalpot ini dibuat oleh para perajin binaan Unit Gakkum Sat Lantas Polres Grobogan.

"Jadi ini knalpot berbentuk maskot Polri yakni Garbha atau Garuda Bhayangkara kita buat dengan memanfaatkan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi, kita rakit untuk menjadi patung. Dan selama satu bulan pengerjaan, Alhamdulilah sudah selesai tinggal pasang dan menunggu peresmiannya," ujar AKP Tejo, Sabtu 29 Maret 2024.

Menurut Kasat Lantas, pemilihan lokasi di perempatan Untung Suropati ini bukan tanpa alasan. Sebab lokasi tersebut merupakan jalur sibuk, dimana para pengendara sering melintas di jalur ini.

"Di jalur ini banyak kendaraan melintas, baik dari kendaraan kecil, sedang hingga berat. Kita ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa dengan adanya patung Garbha ini, pengendara yang melintas sadar bahwa harus patuh pada peraturan lalu lintas," ungkap AKP Tejo.

Tidak hanya mengingatkan masyarakat untuk menggunakan knalpot brong saja, tetapi adanya patung ini menjadi pengingat agar berhati-hati saat mengendarai kendaraannya di jalan raya.

Halaman:

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x