Ini Jadwal Pencairan PKH dan BPNT 2024, Segera Cek Langsung dan Pastikan Terima Rp1 Juta

- 4 Januari 2024, 09:07 WIB
Ilustrasi uang tunai yang akan diterima para KPM yang terdaftar sebagai penerima bansos PKH dan BPNT.
Ilustrasi uang tunai yang akan diterima para KPM yang terdaftar sebagai penerima bansos PKH dan BPNT. /


Media Purwodadi – Inilah jadwal pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) dan BPNT pada tahap pertama.

Ada dua bantuan sosial atau bansos yang akan cair di bulan Januari 2024 yakni PKH dan BPNT. Jadwal tahap pertama pencairan dua jenis bansos ini akan dilaksanakan pada bulan ini.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berhak menerima PKH dan BPNT di Bulan Januari 2024 adalah mereka yang terdaftar di DTKS Kemensos.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Grobogan Hari Ini Kamis 4 Januari 2024, Waspadai Hujan Disertai Petir

Tahap pertama jadwal pencairan BPNT yakni pada Januari dan Februari 2024. Untuk Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama terjadwal cair pada bulan Januari, Februari dan Maret 2024.

Bansos BPNT cair dengan nominal Rp200 ribu per bulan yang dibayar setiap dua bulan sekali. Dalam satu tahun, KPM BPNT menerima total Rp2,4 juta yang dikirim lewat transfer bank atau pengambilan tunai di Kantor Pos.

Sementara Program Keluarga Harapan atau PKH, setiap KPM akan menerima nominal yang berbeda berdasarkan golongan. Untuk ibu hamil atau balita mendapatkan Rp3 juta per tahun.

Sementara, untuk lansia atau disabilitas mendapatkan Rp2,4 juta per tahun. Untuk anak yang masih duduk di bangku SMP akan mendapatkan Rp1,5 juta dan untuk anak yang sedang menempuh pendidikan di bangku SMA mendapat Rp2 juta dalam satu tahun.

Sama halnya dengan bantuan BPNT, PKH disalurkan dengan dua cara yakni transfer ke rekening bank atas nama KPM atau pengambilan tunai di Kantor Pos.

Baca Juga: Indonesia vs Libya, Shin Tae-yong: Uji Coba Pertama Untuk Memantau Perkembangan dan Kondisi Fisik Pemain

Jika ada KPM yang terdaftar sebagai penerima manfaat BPNT dan PKH maka akan menderima bantuan hingga Rp1 juta pada bulan Januari 2024.

Guna memastikan jadwal pencarian, Anda bisa mengeceknya langsung lewat situs cekbansos.kemensos.go.id.

Kemudian, ikuti petunjuk yang tertera. Jika nama Anda berstatus sebagai penerima bansos, maka akan mendapatkan informasi terkait status dan jadwal bansos yang bisa Anda dapatkan.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x