Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23 Telah Ditutup, Ini Penyebab Nama Anda Belum Masuk Sebagai Penerima

- 6 Maret 2022, 04:30 WIB
Program Kartu Pra Kerja.
Program Kartu Pra Kerja. /Tangkap layar laman prakerja.go.id


Media Purwodadi – Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 23 atau gelombang pertama di tahun 2022 telah berlangsung pada tanggal 17-20 Februari 2022.

Pemerintah mendorong masyarakat yang berminat dan memenuhi syarat mengikuti Program Kartu Prakerja Gelombang 23 dengan mendaftar di situs resmi Kartu Prakerja www.prakerja.go.id.

Dilansir dari dari situs resmi Kominfo yang menyatakan hasil Riset The Abdul Latif Jameel Poverty Action Lab (J-PAL) Southeast Asia dan Rumah Presisi Indonesia telah membuktikan, Program Kartu Prakerja memiliki dampak positif terhadap kompetensi.

Baca Juga: Kode Redeem Call of Duty Mobile Minggu, 6 Maret 2022 Segera Klaim Kodenya dan Menangkan Permainan Anda

Selain itu juga berpengaruh pada produktivitas, kebekerjaan, kewirausahaan, dan pendapatan para penerima, selain dari aspek ketahanan pangan, ketahanan finansial, serta inklusi keuangan.

“Ini berarti Program Kartu Prakerja berhasil menjalankan misi gandanya di masa pandemi, yakni meningkatkan keterampilan sekaligus menjaga daya beli masyarakat. Dengan dibukanya gelombang 23 ini," ungkap Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, hari Kamis 17 Februari 2022

"Kami berharap manfaat Program Kartu Prakerja dapat dirasakan oleh lebih banyak masyarakat,” tutur Airlangga.

Melalui Program Kartu Prakerja, pemerintah berusaha semaksimal mungkin memberikan manfaat dari berbagai aspek.

Setelah pendaftaran ditutup, pemerintah melakukan proses seleksi penerima Program Kartu Prakerja.

Sebelum pengumuman secara resmi dikeluarkan pemerintah, masyarakat yang mendaftarkan diri bisa mulai melakukan pengecekan melalui www.prakerja.go.id dengan memasukkan email dan password yang digunakan saat melakukan pendaftaran.

Baca Juga: Kode Redeem Arena of Valor Minggu, 6 Maret 2022 Buruan Klaim dan Dapatkan Hadiahnya Sebelum Kehabisan

Ada beberapa hal yang jadi pertimbangan saat calon penerima berhasil lolos atau tidak sebagai penerima Program Kartu Prakerja Gelombang 23.

Berikut pertimbangan bagi calon penerima Program Kartu Prakerja :

1. NIK terdaftar sebagai penerima Bansos program lainnya

Pendaftar bisa memastikan kembali, jika NIK yang didaftarkan telah tercatat sebagai penerima bantuan pemerintah program lainnya, seperti PKH, BPNT, BST atau KIS maka tidak akan lolos sebagai penerima bantuan Program Kartu Prakerja Gelombang 23.

Pengecekan bisa dilakukan melalui link https://cekbansos.kemensos.go.id/ atau unduh Aplikasi Cek Bansos yang resmi dari Kementerian Sosial Republik Indonesia pada Playstore untuk pengguna Android.

Selain itu bisa melakukan pelaporan melalui laman dtks.kemensos.go.id untuk melihat apakah Anda terdaftar sebagai penerima bansos program lainnya.

2. NIK sudah terdaftar di Kemendikbud

Apabila NIK yang digunakan masih tercatat aktif di Kemdikbud, maka bisa menghubungi sekolah atau perguruan tinggi agar status tersebut dapat diperbaharui.

3. NIK sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sebagai penerima BLT/BSU

Apabila NIK terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, mohon lakukan pengecekan melalui https://bsu.kemnaker.go.id/ atau melalui Call Center dengan nomor 1500 630.

4. NIK terdaftar sebagai penerima BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro)

Apabila NIK terdaftar sebagai penerima BPUM, bisa melakukan pengecekan melalui eform.bri.co.id/bpum.

5. Tidak lolos gelombang tanpa informasi

Apabila tidak terdaftar sebagai penerima Program Kartu Prakerja tanpa informasi maka bisa mencoba kembali pada gelombang berikutnya atau gelombang 24.

Itulah penjelasan mengenai Kartu Prakerja gelombang 23. Segera cek nama Anda, apakah tertera sebagai penerima bantuan Kartu Prakerja ini?***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: kominfo.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x