Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U20, Pemerintah RI dan FIFA Sepakat Pastikan Pertandingan Berjalan Baik

- 18 Oktober 2022, 21:40 WIB
Presiden RI Joko Widodo dan Presiden FIFA, Gianni Infantino pastikan pertandingan Piala Dunia U20 berjalan dengan baik.
Presiden RI Joko Widodo dan Presiden FIFA, Gianni Infantino pastikan pertandingan Piala Dunia U20 berjalan dengan baik. /tangkapan layar Biro Setpres RI.


Media Purwodadi – Rencana penyelenggaraan Piala Dunia U20 akan digelar di Indonesia pada 2023 nanti.

Gelaran Piala Dunia U20 pada tahun 2023 nanti dipastikan bisa berjalan dengan baik. Hal itu terlihat dalam keterangan pers yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo pada Selasa, 18 Oktober 2022.

Dalam keterangan pers tersebut, Presiden RI Joko Widodo bersama Presiden FIFA, Giovani Vicenzo Infantino atau Gianni Infantino bersepakat memastikan pertandingan Piala Dunia U20 berjalan dengan baik.

Baca Juga: Anggota Polisi Grobogan Jadi Korban Curat di Warung Sate Kambing, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah

“Pemerintah bersama FIFA juga bersepakat untuk memastikan pertandingan Piala Dunia U20 FIFA di Indonesia dapat berjalan dengan baik. Semua segi persiapan sampai dengan pelaksanaannya harus dipastikan berjalan sesuai denagn standar FIFA,” jelas Presiden RI Joko Widodo seperti yang dikutip dari laman resmi Biro Setpres.

“Dan ditangani secara baik, secara profesional,” tambah Presiden RI, Joko Widodo.

Di kesempatan itu, Presiden FIFA, Gianni Infantino, menyebut Piala Dunia U20 merupakan kompetisi penting sepak bola putra setelah Piala Dunia yang akan digelar di Qatar mulai 20 November 2022.

Bahkan, Gianni Infantino berharap dalam pertandingan ini diperlukan stadion terbaik agar pertandingan bisa berjalan dengan baik, sehingga menjadi ajang memperlihatkan citra Indonesia kepada dunia.

“Citra Indonesia di mata dunia, bukanlah sebuah negara yang memiliki tragedi di stadion, tetapi negara yang memiliki visi masa depan, populasi muda yang menggemari sepak bola dan negara yang ingin merayakan dan menyajikan sepak bola kepada dunia,” jelas Gianni Infantino.

Melihat fenomena Indonesia yang mempunyai populasi penduduk hampir 300 juta dan cinta pada sepak bola, FIFA dan pemerintah Indonesia sepakat menjalani kerja sama dan fokus pada pembenahan sejumlah hal, termasuk operasional stadion.

“Kami sepakat bekerja sama, fokus pada operasional stadion yang ada, juga fokus pada stadion itu sendiri. Lalu, kepada suporter, tingkah laku suporter, membuat proyek sepak bola untuk sekolah-sekolah, kami akan mengaturnya bersama dengan pemerintah,” tambah Gianni Infantino.

Pasca Tragedi Kanjuruhan, terkait dengan infrastruktur stadion, FIFA akan membawa ahli sepak bola dan membantu serta memastikan Indonesia bersinar di kancah sepak bola lokal.

Ajang Piala Dunia U20 Indonesia disebut bakal menjadi kesempatan unik bagi Indonesia untuk mempromosikan diri sebagai bekal masa depan.

Gianni Infantino memberikan penjelasan bahwa kesempatan ini memperlihatkan Indonesia tidak hanya kuat dari sudut pandang ekonomi, melainkan juga dari olahraga sepak bola.

“Dimulai dari sekarang sampai turnamen nanti, setelah Piala Dunia, kami akan pastikan Indonesia tak hanya negara yang kuat dari sudut pandang ekonomi dengan menggelar pertemuan G20 saja,” jelas Gianni Infantino.

Baca Juga: Kode Redeem Game Epic Treasure, Selasa, 18 Oktober 2022 : Ayo Update Segera, Jangan Sampai Ketinggalan

“Namun juga Indonesia akan menjadi pusat sepak bola di kawasan ini dan dari sini akan membuat sepak bola terus berkembang ke seluruh dunia,” tambahnya.

Pemerintah Indonesia dan FIFA bersepakat gelaran Piala Dunia U20 berjalan dengan baik dan profesional pada tahun 2023 mendatang.

Hal itu diungkapkan Presiden RI Joko Widodo dan Presiden FIFA, Gianni Infantino saat memberikan keterangan pers pada Selasa, 18 Oktober 2022.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: SETPRES


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x