Antisipasi Virus Omicron, Tim Indonesia Mundur dari Ajang BWF World Championship 2021

- 9 Desember 2021, 13:15 WIB
Pengumuman resmi PBSI, Indonesia mundur dari Kejuaraan Dunia 2021.
Pengumuman resmi PBSI, Indonesia mundur dari Kejuaraan Dunia 2021. /Twitter @INABadminton.


Media Purwodadi – BWF World Championship 2021 atau Kejuaraan Dunia 2021 akan digelar pada tanggal 12-19 Desember 2021 di Huelva, Spanyol.

Namun, pecinta bulutangkis harus bersiap untuk tidak bisa menyaksikan pemain dari Timnas Indonesia tidak bermain di ajang tersebut, sebab tim Bulutangkis Indonesia menarik diri dari keikutsertaan Kejuaraan Dunia 2021.

Pengumuman mundurnya tim Indoensia dari BWF World Championship 2021 ini diumumkan secara resmi lewat akun twitter @INABadminton.

“Tim Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia 2021,” cuit akun @INABadminton.

Baca Juga: Datangi SMAN 15 Semarang, Ganjar Pranowo Lantik Para Pelajar Jadi Agen Antikorupsi Jawa Tengah

Dari berbagai sumber penelusuran Media Purwodadi, Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna mengumumkan keputusannya demi menjaga keselamatan pemain.

Keputusan ini diambil setelah Ketua Umum mendapatkan masukan dari pengurus, pelatih dan Kabid Binpres. Alasan utamanya karena penyebaran varian baru virus Covid-19 Omicron yang tidak menentu.

Sesuai laporan Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta kepada Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna telah diputuskan bahwa keberangkatan  tim bulutangkis Pelatnas Cipayung ke Kejuaraan Dunia telah dibatalkan.

Saat ini, Pemerintah Republik Indonesia memang tengah berkonsentrasi dengan merebaknya varian virus Omicron. Upaya ini juga dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan para atlit bulutangkis Indonesia.

“Keputusan menarik diri tim bulutangkis Indonesia dari Kejuaraan Dunia ini juga sudah disetujui oleh Bapak Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna,” tutur Alex Tirta.

Baca Juga: Unggah Ilustrasi Kisah Rumini dan Salamah Korban Erupsi Semeru, Gus Miftah : Alfatihah.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI. Rionny Mainaky yang mengatakan, pihaknya tidak mau mengambil risiko untuk mengirim pemain ke Spanyol.  Tentunya terkait dengan penyebaran baru virus Covid-19 Omicron.

"Penyebaran virus Omicron yang cepat sehingga perubahan protokol kesehatan yang tidak menentu membuat kami memutuskan untuk mundur dari Kejuaraan Dunia 2021. Kami tidak mau mengambil risiko. Keselamatan dan kesehatan atlet lebih utama,” kata Rionny Mainaky.

“Para pemain juga sudah kami ajak berdiskusi dan mereka setuju untuk menarik diri dari Kejuaraan Dunia," ujar pria yang menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI.

Sebelumnya, PBSI dijadwalkan akan mengirim 13 wakil di Kejuaraan Dunia 2021. Di kelas tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito. Untuk tunggal putri, pemain yang dikirimkan yakni Gregoria Mariska Tunjung dan Ruselli Hartawan.

Di kelas ganda putra akan mengirim Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Fajar Alfian/Muh. Rian Ardianto, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Baca Juga: Kalah Telak 0 - 3 Atas Bayern Munchen, Barcelona Gigit Jari Gagal Lolos Babak 16 Besar Liga Champions

Sementara di kelas ganda putri diwakilkan oleh Greysia Polii/Apriyani Rahayu, serta ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Imbauan yang sama juga datang dari pemerintah Republik Indonesia. Terkait pandemi yang belum mereda, masyarakat Indonesia diharapkan mengurangi kegiatan bepergian ke luar negeri.

Alasan ini diperkuat dengan melonjaknya angka kasus Covid-19 di sejumlah negara Eropa. Dengan adanya keputusan ini, maka tim Indonesia akan langsung melakukan persiapan untuk menghadapi turnamen di tahun 2022.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: twitter @INABadminton


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x