Marquez dan Rossi Crash, Miguel Oliveira Juara MotoGP Catalunya 2021

- 6 Juni 2021, 19:30 WIB
Pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira berhasil mejuarai seri ketujuh MotoGP Catalunya Spanyol
Pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira berhasil mejuarai seri ketujuh MotoGP Catalunya Spanyol /motogp.com/


Media Purwodadi – Seri ketujuh MotoGP Catalunya, Spanyol yang digelar di Circuit di Barcelona-Catalunya, Minggu 6 Juni 2021 telah usai.

Pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira sukses menjadi yang tercepat pada balapan MotoGP Catalunya, Spanyol 2021.

Ini adalah kali pertama Miguel Oliveira menjadi pemenang balapan MotoGP 2021. Pencapaian terbaik pembalap asal Portugal itu adalah podium kedua MotoGP Italia.

Miguel Oliveira naik podium juara MotoGP Catalunya ditemani oleh Johann Zarco (Pramac Racing) dan Jack Miller (Ducati Lenovo).

Nasib sial kembali dialami pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez. Pada lap 9 di tikungan 10 Supermarc mengalami crash dan gagal melanjutkan balapan.

Baca Juga: Link Live Streaming MotoGP Catalunya, Spanyol 2021

Hal serupa juga dialami rival Marc Marquez, dari tim Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi. The Doctor juga mengalami crash di Tikungan 10 dan gagal melanjutkan balapan.
 
Jalannya balapan MotoGP Catalunya:

Tiga pembalap di grid terdepan, yakni Fabio Quartarao (Monster Energy Yamaha), Jack Miller (Ducati), dan Johann Zarco (Pramac Racing), mimilih kombinasi ban medium-hard pada balapan kali ini.

Sedangkan 12 pembalap yang tidak menggunakan kombinasi medium-hard termasuk salah satunya adalah Marc Marquez (Repsol Honda).

Jack Miller sukses menjadi pemimpin balapan seusai menyalip Fabio Quartararo pada Tikungan 1.

Usai lap pertama, Jack Miller terus memimpin diikuti oleh Miguel Oliveira (Red Bull KTM) dan Fabio Quartararo.

Sementara, juara bertahan MotoGP, Joan Mir (Suzuki Ecstar), menjadi pembalap dengan start terbaik, karena berhasil naik enam peringkat ke urutan keempat pada lap pertama.

Baca Juga: Ini Jadwal Lengkap Pertandingan Bola Malam Ini 6 Juni 2021

Pada lap kedua, Joan Mir berhasil memperbaiki posisinya ke urutan ketiga memanfaatkan kesalahan Fabio Quartararo yang terlambat mengerem di Tikungan 2.

Pada lap keempat, Miguel Oliveira sukses mengambil alih posisi pimpinan balapan diikuti oleh Jack Miller dan Aleix Espargaro (Aprilia Gresini).

Kesusesan itu diikuti keberhasilan Miguel Oliveira menjadi pembalap tercepat pada lap keempat dengan catatan waktu 1 menit 40,204 detik.

Pada lap kelima, Pol Espargaro (Repsol Honda) mengalami crash di tikungan kelima.

Adapun rekan satu tim Pol Espargarao, Marc Marquez sukses menyodok ke urutan ketujuh pada lap keenam dari awalnya start di urutan ke-13.

Pada lap yang sama, Danilo Petrucci (KTM Tech 3) mengalami crash di Tikungan 9.

Baca Juga: Jika Jeff Bezos Dinobatkan Sebagai Orang Terkaya di Dunia, Lalu Siapa Orang Termiskin di Dunia?

Memasuki lap ketujuh, Fabio Quartararo sukses menyodok ke urutan kedua setelah menyalip Joan Mir dan Jack Miller.

Posisi tiga terdepan pada lap ke-8 secara berurutan adalah Miguel Oliveira, Fabio Quartararo, dan Joan Mir.

Miguel Oliveira kali ini memimpin dengan keunggulan 0,91 detik atas Fabio Quartararo. Pada lap ke-9, Marc Marquez mengalami crash di Tikungan 10 dan langsung tidak bisa melanjutkan balapan.

Ini adalah kali ketiga secara beruntun Marc Marquez mengalami crash dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Pada lap ke-15, pimpinan balapan masih dipegang oleh Miguel Oliveira diikuti oleh Fabio Quartararo dan Joan Mir. Pada lap ke-17, Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) bernasib sama seperti Marc Marquez.

The Doctor juga terjatuh atau mengalami crash di Tikungan 10 dan gagal melanjutkan balapan. Memasuki lap ke-22, Johann Zarco sukses menempati urutan kedua seusai Fabio Quartararo melebar.

Dalam tayangan ulang, Fabio Quartararo terlihat melepas pelindung dadanya. Pembalap asal Perancis itu balapan dengan bagian dadanya terbuka sejak lap ke-23.

Hingga akhir balapan, Miguel Oliveira sukses mempertahankan posisi terdepan diikuti oleh Johann Zarcao dan Jack Miller.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x