Pemuda Muhammadiyah Gandeng Lazismu Grobogan Siapkan Juru Sembelih Halal Atau Juleha Hewan Kurban

- 11 Juni 2024, 17:31 WIB
Ustaz Ergun dari DPW Juleha menjelaskan persiapan alat untuk juru sembelih halal dalam pelatihan yang digelar Pemuda Muhammadiyah dan Lazismu Grobogan.
Ustaz Ergun dari DPW Juleha menjelaskan persiapan alat untuk juru sembelih halal dalam pelatihan yang digelar Pemuda Muhammadiyah dan Lazismu Grobogan. /Media Purwodadi/dok Pemuda Muhammadiyah Grobogan

Media Purwodadi - Menjelang Idul Adha 1445 Hijriyah pada 17 Juni 2024, Pemuda Muhammadiyah dan Lazismu Grobogan telah mempersiapkan juru sembelih halal atau disebut Juleha.

Persiapan tersebut dilaksanakan dengan melaksanakan pelatihan juru sembelih halal atau Juleha di Kranggan, Kecamatan Toroh, Grobogan, Jawa Tengah.

Adapun peserta pelatihan Juleha tersebut, menurut Ketua Pemuda Muhammadiyah Grobogan Andik Waloyo berasal dari Pengurus Cabang Muhammadiyah, Pemuda Muhammadiyah dan masyarakat umum.

"Kami mengundang dari DPW Juleha Jateng ustaz Ergun untuk menyampaikan materi pelatihan juru sembelih halal hewan kurban. Jumlah peserta 30 orang," jelas Andik Waloyo, Selasa 11 Juni 2024.

Baca Juga: Kapan Puasa Dzulhijjah Dilaksanakan? Berikut Penjelasan Waktu Pelaksanaan, Niat, dan Keutamaannya

Peserta pelatihan juru sembelih halal yang digelar Pemuda Muhammadiyah dan Lazismu Grobogan tersebut, lanjut Andik Waloyo ternyata juga ada dari Kabupaten Sragen.

Dalam kegiatan tersebut ustaz Ergun dari DPW Juleha Jateng, lanjut Andik, menyampaikan materi fiqih kurban. Yakni mulai dari pemilihan hewan, perawatan hewan sebelum disembelih.

Lalu persiapan alat untuk menyembelih hewan kurban, tata cara penyembelihan sesuai syariat Islam, hingga praktik penyembelihan dan penanganan daging kurban.

"Tujuan dari pelatihan Juleha, adalah agar sesuatu yang halal yakni hewan kurban dikelola secara halal," kata Ketua Pemuda Muhammadiyah Grobogan.

Baca Juga: Bupati Grobogan Serahkan SK Perpanjangan Masa Jabatan Kades, Pelayanan Kepada Masyarakat Harus Lebih Baik

Halaman:

Editor: Setiadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah