Ganjar Pranowo : Instruksi Presiden Sangat Jelas dan Hanya Satu; Membumikan Pancasila

- 1 Juni 2021, 12:01 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengikuti upacara virtual Hari Lahir Pancasila didampingi jajaran Forkopimda Jateng.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengikuti upacara virtual Hari Lahir Pancasila didampingi jajaran Forkopimda Jateng. /Humas Pemprov Jateng/

Media Purwodadi - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menegaskan instruksi presiden sangat jelas dan hanya satu, yaitu membumikan Pancasila.

Pernyataan Ganjar Pranowo tersebut diungkapkan pasca mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 pada Selasa 1 Juni 2021 secara virtual.

Pelaksanaan upacara yang dilakukan secara virtual itu dihadiri jajaran Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen, serta Forkopimda Jateng.

"Instruksi Presiden sangat jelas dan hanya satu, membumikan Pancasila. Membumikan itu menjadi tugas kita semuanya, seluruh elemen masyarakat, agar Pancasila tidak menjadi konsep yang seolah-olah tidak bisa diimplementasikan. Itu sebenarnya pasti bisa dilakukan karena Pancasila digali dari nilai-nilai yang ada," kata Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran Covid-19 Meningkat, Spanduk Sosialisasi Dipasang di Berbagai Tempat

Ganjar mengemukakan implementasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan tindakan-tindakan yang nyata.

Ganjar mencontohkan implementasi sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa bisa dilakukan dengan saling menghormati antaragam.

Begitu juga dengan sila kedua Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dapat diwujudkan dengan saling membantu orang lain yang membutuhkan.

"Ayo kita saling menghormati antaragama. Jangan saling meniadakan. Kemudian kita punya rasa, tenggang rasa. Maka kemudian saling membantu, apalagi dalam kondisi Covid -19 seperti ini. Bantulah yang di sekitarnya. Itu contoh saja," jelas Ganjar.

Halaman:

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: Humas Pemprov Jateng


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X