BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah Jawa Tengah Pada 10 Hingga 12 Februari 2023

- 9 Februari 2023, 18:59 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem. BMKG kembali mengimbau warga Jawa Tengah waspada  cuaca ekstream.
Ilustrasi cuaca ekstrem. BMKG kembali mengimbau warga Jawa Tengah waspada cuaca ekstream. /Pexels/Ewa Misztal

Media Purwodadi - Masyarakat diminta waspada potensi cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi pada Jumat 10 Februari hingga Minggu 12 Februari 2023 di sejumlah wilayah Jawa Tengah.

Peringatan ini disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG dengan memperhatikan adanya potensi peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Jateng.

"Potensi cuaca ekstrem ini berupa curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat serta dapat disertai petir dan angin kencang," jelas Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi (Stamet) Tunggul Wulung, Cilacap, Teguh Wardoyo di Cilacap, Kamis 9 Februari.

Baca Juga: Jelang Puncak Hari Pers Nasional 2023, Presiden Joko Widodo Makan Durian Bareng Pemimpin Redaksi

Cuaca ekstrem tersebut disampaikan berdasarkan prospek cuaca ekstrem yang dirilis BMKG Stamet Ahmad Yani Semarang pada Kamis siang seperti dikutip dari Antara.

Kemudian kondisi tersebut juga didukung oleh beberapa faktor. Seperti fenomena Maden Jullian Oscillation (MJO) yang terpantau aktif dan berada di kuadran 4.

Tak hanya itu, faktor lainnya, sambung Teguh, adalah munculnya siklon tropis Freddy di Samudra Hindia selatan Jawa Timur serta belokan angin di wilayah Jateng.

Hal ini juga didukung dengan kelembapan udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup labil yang dapat menimbulkan cuaca ekstrem.

Baca Juga: Mau Aktivitas, Yuk Cek Prakiraan Cuaca Kabupaten Grobogan dari BMKG Pada Kamis 9 Februari 2023

Adapun wilayah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem pada 10 Februari, adalah Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Kebumen, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Surakarta.

Halaman:

Editor: Setiadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah