Gerhana Matahari Cincin Bisa Dilihat Langsung Dari Benua Amerika, Ini Penjelasannya!

- 10 Juni 2021, 05:10 WIB
Ilustrasi Gerhana Matahari
Ilustrasi Gerhana Matahari /Jae Rue/PIXABAY/

Media Purwodadi - Gerhana matahari cincin dikabarkan akan muncul di bumi pada 10 Juni 2021.

Namun, gerhana matahari cincin ini tidak bisa disaksikan langsung oleh masyarakat Indonesia
Jangan khawatir jika sepotong matahari hilang saat terbit Kamis pagi. Hal ini lantaran posisi gerhana matahari berada beberapa wilayah di Benua Amerika.

Tepat di wilayah yang berada di lintang utara, seperti Kanada. Langit akan gelap lantaran gerhana matahari berbentuk cincin api akan melewati wilayah ini.

Namun, di wilayah Atlantik Tengah dan Carolina, warga harus siap gigit jari lantaran awan dan hujan dapat merusak agenda mereka untuk melihat detik-detik gerhana matahari cincin ini.

Bedrbeda dengan masyarakat di New England, wilayah yang berada di timur laut AS ini. Di New England, warga bisa puas menikmati gerhana matahari cincin ini.

Baca Juga: Awas! Gerhana Matahari Cincin Api Akan Terjadi Pada Hari Kamis 10 Juni 2021 Besok

Gerhana matahari cincin ini akan terlihat di bagian pedesaan Ontario dan Quebec Utara, Kanada. Juga bisa dilihat di petak wilayah Greenland. Sedangkan di Eropa, gerhana matahari cincin ini juga dapat dialami warga di Rusia.

Gerhana matahari cincin ini juga menyebabkan awan dapat mengancam di beberapa lokasi. Seperti AS, awan akan mengalami pengaruh dari gerhana matahari cincin di area bagian New York City.

Tekanan yang rendah di atas Lembah Tennesse berinteraksi dengan front yang terbungkus dari Appalachian hingga Atlantik Tengah akan membawa awan dan hujan tingkat rendah yang meluas sampai ke tengah wilayah itu.

Halaman:

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: Washington Post


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X