Viral di Media Sosial, Petisi Soal Harga Menu Makanan di Aplikasi Daring, Berikut Pengaruh Bagi UMKM

- 3 Juli 2022, 09:30 WIB
Ilustrasi paket pizza yang bisa diorder lewat dua aplikasi tersebut.
Ilustrasi paket pizza yang bisa diorder lewat dua aplikasi tersebut. /PIXABAY.

Media Purwodadi – Sebuah petisi muncul di media sosial tentang mahalnya makanan di platform online seperti Grab Food dan Go Food.

Sudah lebih dari 9.000 orang melakukan penandatanganan pada petisi yang terbit lewat laman change.org.

Pada petisi tersebut juga terselip judul Selamatkan UMKM dengan Batasi Komisi Food Platform berisi jika komisi yang diterapkan di setiap food platform atau marketplace cukup besar.

Baca Juga: Kode Redeem Genshin Impact Minggu, 3 Juli 2022: Update Dini Hari, Dapatkan Item Ekslusif dari Mihoyo

Pada platform tersebut, penetapan komisi sebesar 20 persen per transaksi dari harga asli. Hal ini tentunya membuat setiap Merchant terpaksa menaikkan harga tinggi agar menjaga keuntungan.

Seorang warganet bernama Aloysius Efraim mengungkapkan dengan menaikan harga cukup tinggi, maka dapat menjaga keuntungan, komisi dan diskon.

“Efek dari harga tinggi, maka daya beli menurun,” ungkap Aloysius Efraim, yang dikutip Media Purwodadi dari pikiran-rakyat.com.

Aloysius mengungkap, komisi 20 persen terhadap pricelist dinyatakan tidak masuk akal jika produk diturunkan melalui diskon, tetapi komisi terhadap pricelist.

“Padalah platform atau marketplace barang hanya dibebankan komisi berkisar tiga persen, lagi pula setiap plaktform sudah mendapat keuntungan dari delivery,” tambahnya.

Baca Juga: Kode Redeem PUBG Mobile Minggu, 3 Juli 2022: Update Terbaru, Klaim dan Tingkatkan Level Permainan Anda

Pihaknya juga menegaskan dalam petisi terkait belum adanya penetapan aturan komisi pada marketplace tersebut.

“Maka petisi ini akan menyelamatkan UMKM dari kebrangkutannya,” tambah Aloysius.

Penandatanganan petisi tersebut targetnya yakni 50ribu orang. Dalam penandatanganan petisi ini, terlihat beberapa warganet buka suara terkait harga makanan yang meningkat di platform media online.

“Kasihan UMKM makanan, dari awal saya kaget tahu dari teman-teman pedagang,” tulis komentar Boedi Adjie.*** (Kannia Nur Haida Komara/pikiran-rakyat.com)

Artikel serupa juga tayang di pikiran-rakyat.com berjudul “Muncul Petisi Soal Mahalnya Makanan Go Food dan Grabfood yang Bikin UMKM Merugi: Merchant Jadi Korbanyang tayang pada Jumat, 1 Juli 2022.

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x