Gubernur Gorontalo Rusli Habibie Belajar Kepada Ganjar Pranowo Tentang Aplikasi Blangkon Jateng

- 25 Mei 2021, 15:13 WIB
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie saat memberikan cinderamata kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie saat memberikan cinderamata kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo /Hana Ratri Septyaning Widya/

MEDIA PURWODADI – Rusli Habibie yang merupakan Gubernur Gorontalo mengunjungi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Selasa 25 Mei 2021. Bersama pejabat penting dari Gorontalo, Rusli bermaksud mempelajari aplikasi pengadaan barang dan jasa yang dirintis Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bernama, Blangkon Jateng.

Di hadapan Ganjar Pranowo, Rusli mengatakan, awal mula, dirinya berdiskusi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) terkait adanya UMKM yang terlibat langsung dalam proyek pemerintah.

Karena nilainya kecil dan tidak wajib lelang, Rusli harus berpikir bagaimana cara itu dapat berjalan di Gorontalo.

"Kemudian setelah diskusi itu, saya disarankan pak Pahala Nainggolan (anggota KPK) belajar ke pak Ganjar di Jawa Tengah, karena di sini sudah ada aplikasi yang menampung pengadaan barang/jasa bagi pelaku UMKM bernama Blangkon Jateng," katanya.

Baca Juga: Kapolri Minta PT Freeport Ikut Aktif Membangun Papua  

Blangkon Jateng sendiri merupakan aplikasi pengadaan langsung barang dan jasa secara elektronik. Fungsi aplikasi ini untuk pengadaan barang dan jasa, khususnya produk UKM dengan anggaran tidak lebih dari Rp 200 juta.

Dalam pertemuan itu, Rusli mengatakan akan mengaplikasikan program seperti Blangkon Jateng di daerahnya. Banyak sekali pengadaan barang dan jasa, seperti makan, minum, ATK dan lainnya.

Insya Allah, kami akan terapkan di Gorontalo. Kami ingin menggunakan aplikasi ini agar lebih aman dan tidak menimbulkan masalah ketika diaudit,” jelas Rusli.

Dengan aplikasi pengadaan langsung elektronik ini, ada yang akan didorong Rusli di Gorontalo. Yakni UMKM.

"Selain itu, dengan aplikasi ini kami juga ingin mengajari pelaku UMKM di tempat kami untuk beralih ke dunia digital. Kami yakin aplikasi Blangkon Jateng ini mempermudah kita semua," tambah Rusli.

Baca Juga: Ganjar Pranowo vs PDIP, Netizen Tanggapi Komentar Bambang Wuryanto

Sementara itu, Ganjar Pranowo menanggapi hal itu. Ganjar mengatakan pertemuan tersebut dapat digunakan untuk saling berbagi antara dua daerah demi kemajuan.

"Sebenarnya Pak Gubernur Gorontalo punya penglaman bagus, hanya hari ini ingin berbagi cerita bagaimana meningkatkan UMKM agar bisa mendapatkan akses dari pemerintah. Karena, sudah ditetapkan bahwa 40 persen anggaran negara bisa digunakan untuk menggerakkan ekonomi melalui UMKM," katanya.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, 21 Pelari Marathon di China Tewas

Ganjar menerangkan, dengan aplikasi Blangkon Jateng, pengadaan barang dan jasa di bawah Rp200 juta bisa dilakukan dengan mudah. Seandainya ingin membeli makanan, minuman atau sesuatu yang nilainya di bawah angka itu, bisa dilakukan.

"Caranya gimana, nggak usah lelang. Maka kita gunakan aplikasi Blangkon Jateng ini. Nah tadi kita sharing dengan teman-teman Gorontalo agar UMKM kita semuanya bisa melakukan partisipasi mendapatkan rejeki dengan cara yang gampang. Kita latih mereka untuk bisa masuk dalam aplikasi Blangkon Jateng ini," tutupnya.***

Editor: Hana Ratri Septyaning Widya


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x